Articles

 
TEH Cegah Gigi Berlubang
 
TEH ternyata tidak hanya sekadar mampu melepaskan rasa dahaga saja. Dari teh yang diminum sehari-hari ternyata punya khasiat bagi kesehatan tubuh. Selain bisa mencegah kanker perut, bisa pula mencegah timbulnya gigi berlubang.
 

Untuk mencegah kanker perut, teh yang baik untuk diminum berjenis teh hijau, yang mengandung zat antioksidan. Hal itu berdasar riset terkini mengenai manfaat teh hijau telah membuktikan mampu mencegah terjadinya kanker perut.

Dari hasil riset terbaru itu, satu gelas minuman teh hijau yang dikonsumsi setiap harinya, ternyata sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya gangguan peradangan pada lambung. Peradangan itulah yang menjadi salah satu penyebab timbulnya kanker perut.

Berdasarkan laporan di International Journal of Cancer edisi bulan lalu, 600 pria dan wanita di China peminum teh hijau hanya berisiko setengah kali mengidap penyakit gastritis kronis atau pun kanker perut terutama lambung. Penyakit itu sendiri di China termasuk jenis kanker yang paling banyak menyerang pria maupun wanita.

Menurut pimpinan penelitian tersebut, Dr. Zou-Feng Zhang dari Universitas California, temuan riset pertama mampu membuktikan konsumsi teh hijau mampu mencegah terjadinya gastritis kronis. Untuk penelitian itu menyarankan pemanfaat teh hijau sebabai pengobatan dan terapi preventif, bagi masyarakat yang berisiko tinggi.

Karena teh hijau mampu menurunkan insiden kanker perut dalam kurun waktu lama, maka semakin sering dan lama seseorang mengkonsumsi teh hijau, makin rendah pula risiko mereka mengidap kanker perut.

Asupan Serat

Para ilmuwan sendiri yakin, sejumlah faktor dapat meningkatkan risiko kanker perut. Yaitu konsumsi daging asap dengan kadar garam berlebihan, kurang asupan serat, merokok serta sejarah penyakit dalam keluarga. Selain itu pula infeksi Helicobacter pylori, yang bisa menimbulkan gastritis kronis dan tukak, juga dikaitkan dengan kanker perut. Walau mayoritas orang yang terkena bakteri itu tidak mengidap kanker.

Tidak hanya teh hijau saja yang berkhasiat. Teh yang diminum tanpa gula alias pahit pun punya khasiat yang jitu untuk kesehatan gigi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Tea Trade Health Research Association mampu mencegah timbulnya gigi berlubang maupun memperkuat lapisan plug dan mengontrol bakteri dalam mulut.

Teh Celup

Meskipun teh punya khasiat bagi kesehatan tubuh, tetapi perlu diperhatikan pemakaiannya. Jangan menyelupkan teh jenis celup terlalu lama. Baik itu untuk teh celup berwarba merah, coklat maupun hijau.

Jangan disamakan teh-teh jenis celup itu dengan teh-teh bubuk. Karena sering kali terpikir dalam benak kita, semakin lama kantong teh dicelupkan dalam air panas, makin banyak khasiat teh tertinggal dalam minuman. Padahal yang terjadi justru berbeda. Kandungan zat klorin atau chlorine, zat kimia yang lazim digunakan dalam industri kertas, yang ada di kantong kertas teh celup malahan ikut larut. Apalagi jika mencelupkan kantong teh lebih dari 3 menit, misalnya hingga 5 menit.

Zat klorin berfungsi untuk disinfektan kertas, sehingga kertas bebas dari bakteri pembusuk dan tahan lama. Selain itu, kertas dengan klorin memang tampak lebih bersih. Tetapi dengan disinfektan, klorin dalam jumlah besar tentu berbahaya. Tak jauh beda dari racun serangga.

Banyak penelitian mencurigai kaitan antara asupan klorin dalam tubuh manusia dengan kemandulan pada pria, bayi lahir cacat, mental terbelakang dan kanker. Oleh sebab itulah para peminum yang menggemari minum teh dengan cara praktis berupa teh celup, sebaiknya tidak mencelupkan teh tidak lebih dari 3 menit. Atau jika ingin lebih aman lagi, kembali menggunakan cara tradisional yaitu menggunakan teh bubuk.

http://www.iqeq.web.id/gizi

 
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7
Copyright © 2007-2013 Family Dental Health Care. All Rights Reserved.